Mengenal JNE (singkat)

Sejarah Singkat JNE

Sejarah singkat JNE Dalam website id.wikipedia.org di sebutkan bahwa Pada awalnya TIKI dan JNE adalah satu perusahaan, PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir didirikan pada tanggal 26 November 1990 oleh H. Soeprapto Suparno. Perusahaan ini dirintis sebagai sebuah divisi dari PT Citra van Titipan Kilat (TIKI) untuk mengurusi jaringan kurir internasional.

Bermula dengan delapan orang dan kapital 100 juta rupiah, JNE memulai kegiatan usahanya yang terpusat pada penanganan kegiatan kepabeanan, impor kiriman barang, dokumen serta pengantarannya dari luar negeri ke Indonesia.

Pada tahun 1991, JNE memperluas jaringan internasional dengan bergabung sebagai anggota asosiasi perusahaan-perusahaan kurir beberapa negara Asia (ACCA) yang bermakas di Hong Kong yang kemudian memberi kesempatan kepada JNE untuk mengembangkan wilayah antaran sampai ke seluruh dunia.

Karena persaingannya di pasar domestik, JNE juga memusatkan memperluas jaringan domestik. Dengan jaringan domestiknya TIKI dan namanya, JNE mendapat keuntungan persaingan dalam pasar domestik. JNE juga memperluas pelayanannya dengan logistik dan distribusi.

Selama bertahun-tahun TIKI dan JNE berkembang dan menjadi dua perusahaan yang punya arah masing-masing. Karena ini kedua perusahaan tersebut menjadi saingan. Akhirnya JNE menjadi perusahaan diri sendiri dengan manajemen sendiri. JNE membuat logo sendiri yang membedakannya dari TIKI.

JNE membeli gedung pada tahun 2002 dan mendirikan JNE Operations Sorting Center. Kemudian pada tahun 2004 JNE membeli gedung untuk dijadikan Kantor Pusat. Keduanya berada di Jakarta. Saat ini kantor pusat JNE berada di Tomang Raya No 9 & 11 Jakarta Barat.

Kelebihan:


secara umum persaingan dalam hal pengiriman hampir sama semua dari, Memiliki layanan costumer service yang responsif dan cepat ,  memiliki banyak cabang yang bisa ditemukan dengan mudah,  Memiliki jaminan uang kembali (garansi khusus paket jenis tertentu). 

Tetapi ada beberapa kelibihan dari JNE yiatu :

  • Buka sampai malam bahkan hari libur juga beroprasi
  • Memiliki layanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga keuangan konsumen.
  • Memiliki sistem tracking yang baik,
  • Bisa mengirim dokumen dan berbagai surat berharga lainnya.

Kelemahannya:


menurut penulis kelemahan hanya pada kecepatan pengiriman, ini pun hanya temporary, lebih banyak tepat waktunya